DAMPAK LABELLING

PROPOSAL PENELITIAN SOSIAL
DAMPAK LABELLING TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS MASYARAKAT DI KOTA TANGERANG
















DI SUSUN OLEH :
·         AZRIEL AKBAR A.
·         HILMI HISYAM F .
  KELAS :
X-IPS.3



DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TANGERANG
Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna Telp. (021) 5524912 Tangerang, Banten
Tahun Ajaran 2016/2017

_______________________________________________________________________________


                                                            KATA PENGANTAR

            Puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena, dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Ibu Sofa Almarwah selaku guru bidang studi Sosiologi kami. Tugas ini kami terima dengan senang hati, karna dengan adanya tugas ini kami menjadi tahu apa arti dari “Labelling” dan bagaimana dampaknya bagi psikologis seseorang. Selain itu kami memilih topik ini juga karena kami ingin menyampaikan bahwa labelling/pengecapan itu tidak baik jika pemberi label salah menyampaikannya.
Kamipun turut berterima kasih kepada :
1.      Allah SWT.
2.      Kedua orang tua kami yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan kami
3.      Ibu Sofa Almarwah selaku guru Sosiologi kami
4.      Para Blogger yang sudah memposting materi yang bisa menjadi referensi bagi proposal penelitian sosial kami
            Mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan baik itu susunan kata, kalimat yang sulit dipahami nalar, dan lain sebagainya. Kami disini masih terus belajar dan terus mencoba untuk memberikan hasil yang lebih baik lagi.

                                                                                               









                                                                                                Tangerang,     Mei 2017
                                               
                                                                                                            Penulis
_______________________________________________________________________________

                                                                                                                                                                                                                                                                                                
DAFTAR ISI

COVER
KATA PENGANTAR                                                                                             
DAFTAR ISI                                                                                                             
BAB I             PENDAHULUAN
                        1.1 Latar Belakang Masalah                                                               
                        1.2 Perumusan Masalah                                                                                
                        1.3 Pembatasan Masalah                                                                     
                        1.4 Manfaat dan Tujuan Penelitian                                                     
                        1.5 Metode Penelitian                                                                         
BAB II            LANDASAN TEORI
                        2.1 Teori Labelling                                                                              
                        2.2 Teori Asosiasi Diferensial                                                             
                        2.3 Teori Nilai dan Norma Sosial                                                        
                        2.4 Teori Tabula Rasa                                                                         
                        2.5 Teori Cermin Diri                                                                          
BAB III          PEMBAHASAN
                        3.1 Proses Terjadinya Labelling                                                          
                        3.2 Usia Yang Dapat Terpengaruh oleh Proses Labelling                  
                        3.3 Dampak Dari Labelling                                                                 
                        3.4 Cara Mengatasi Labelling                                                             
                        3.5 Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Prilaku Menyimpang      

BAB IV          PENUTUP
4.1  Kesimpulan                                                                                  
4.2  Saran                                                                                            

DAFTAR ISI                                                                                    

_________________________________________________________________________________


                                                                                                                                               
BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah

    Labeling adalah identitas yang diberikan oleh kelompok kepada individu berdasarkan ciri-ciri yang dianggap minoritas oleh suatu kelompok masyarakat. Labeling cenderung diberikan pada orang yang memiliki penyimpangan perilaku yang tidak sesuai dengan norma di masyarakat. Seseorang yang diberi label akan mengalami perubahan peranan dan cenderung akan berlaku seperti label yang diberikan kepadanya (Sujono, 1994).
     Banyak dari kita yang tidak tahu apa itu labeling, padahal hal ini secara tidak sadar pernah kita lakukan baik kepada anak kecil, teman sebaya, maupun orang yang lebih tua  yang kita anggap mereka sudah memiliki perilaku yang menyimpang. Ketidaktahuan ini yang akan menjadi bahaya, apalagi masalah labeling ini yang bisa saja membuat si korban/deviant akan ter-labelled padahal sebelumnya dia tidak seperti apa yang orang lain katakan.

1.2  Rumusan Masalah

     Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disusun rumusan masalah yang akan kami bahas pada proposal penelitian sosial kali ini, diantaranya adalah :
    
1.      Bagaimana penjulukan/labelling itu bisa terjadi?
2.      Kapan seseorang dapat dipengaruhi pikirannya untuk dijuluki/cap?
3.      Bagaimana dampak dari labelling terhadap keadaan psikologis orang-orang di Kota Tangerang?
4.      Bagaimana cara mengatasi labelling?
5.      Apa faktor yang menyebabkan warga Kota Tangerang dapat memiliki penyimpangan prilaku sehingga menimbulkan masyarakat untuk melakukan penjulukan?

1.3  Pembatasan Masalah

1.      Proses terjadinya “Labelling”
2.      Usia yang dapat terpengaruh oleh proses “Labelling”
3.      Dampak dari “Labelling”
4.      Cara mengatasi “Labelling”
5.      Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang

1.4  Manfaat dan Tujuan Penelitian

1.      Manfaat
a.       Menambah pengetahuan pembaca mengenai dampak apabila seseorang mendapat “Labelling”
b.      Menberikan informasi bagaimana menyampaikan pendapat apabila ingin melabeli orang yang menurutnya telah memiliki prilaku menyimpang
c.       Menambah karya tulis diperpustakaan sekolah

2.      Tujuan
a.         Untuk menjelaskan bagaimana cara melabeli orang dengan tepat
b.        Untuk menambah wawasan pembaca mengenai “Labelling”

1.5  Metode Penelitian




                 
                 Pada penelitian kali ini kami menggunakan Metode Analisis Media Massa, yaitu penelitian yang menggunakan media cetak seperti majalah, koran, artikel dan lain sebagainya.










_____________________________________________________________________________




                                                                                                              
BAB II
 LANDASAN TEORI


2.1 Teori Labelling

Teori ini memperkirakan bahwa pelaksanaan kontrol sosial menyebabkan penyimpangan, sebab pelaksanaan kontrol sosial tersebut mendorong orang masuk ke dalam peran penyimpang. Ditutupnya peran konvensional bagi seseorang dengan pemberian stigma dan label, menyebabkan orang tersebut dapat menjadi penyimpang sekunder, khususnya dalam mempertahankan diri dari pemberian label. Untuk masuk kembali ke dalam peran sosial konvensional yang tidak menyimpang adalah berbahaya dan individu merasa teralienasi. Menurut teori labeling, pemberian sanksi dan label yang dimaksudkan untuk mengontrol penyimpangan malah menghasilkan sebaliknya.
            Munculnya Teori Labeling menandai mulai digunakannya metode baru untuk mengukur atau menjelaskan adanya kejahatan yaitu melalui penelusuran kemungkinan dampak negatif dari adanya reaksi sosial yang berlebihan terhadap kejahatan dan pelaku kejahatan.
            Konsep teori labeling menekankan pada dua hal, pertama, menjelaskan permasalahan mengapa dan bagaimana orang-orang tertentu diberi label, dan kedua, pengaruh dari label tersebut sebagai suatu konsekuensi dari perbuatan yang telah dilakukan oleh pelaku kejahatan.
Schrag (1971) memberikan simpulan atas asumsi dasar teori labeling, yaitu sebagai berikut:
a. Tidak ada satu perbuatan yang terjadi dengan sendirinya bersifat kriminal.
b. Rumusan batasan tentang kejahatan dan penjahat dipaksakan sesuai dengan kepentingan mereka yang memiliki kekuasaan.
c. Seseorang menjadi penjahat bukan karena ia melanggar undang-undang, melainkan karena ia ditetapkan demikan oleh penguasa.
d. Sehubungan dengan kenyataan di mana setiap orang dapat berbuat baik atau tidak baik, tidak berarti bahwa mereka dapat dikelompokkan menjadi dua bagian kelompok: kriminal dan non-kriminal.
e. Tindakan penangkapan merupakan awal dari proses labeling.
f. Penangkapan dan pengambilan keputusan dalam system peradilan pidanan adalah fungsi dari pelaku/penjahat sebagai lawan dari karakteristik pelanggarannya.
g. Usia, tingkatan sosial-ekonomi, dan ras merupakan karateristik umum pelaku kejahatan yang menimbulkan perbedaan pengabilan keputusan dalam system peradilan pidana.                                    
h. Sistem peradilan pidana dibentuk berdasarkan perspektif kehendak bebas yang memperkenankan penilaian dan penolakan terhadap mereka yang dipandang sebagai penjahat.
i. Labeling merupakan suatu proses yang akan melahirkan identifikasi dengan citra sebagai deviant (orang yang menyimpang) dan sub-kultur serta menghasilan “rejection of the rejector” (penolakan dari penolakan) (dikutip dari Hagan, 1989: p. 453-454)
            Sedangkan, Edwin Lemert (1950)  memberikan perbedaan mengenai konsep teori labeling ini, yaitu primary deviance dan secondary deviance. Primary deviance ditujukan kepada perbuatan penyimpangan tingkah laku awal. Kelanjutan dari penyimpangan ini berkaitan dengan reorganisasi psikologis dari pengalaman seseorang karena cap yang dia terima dari perbuatan yang telah dilakukan. Ketika label negatif diterapkan begitu umum dan begitu kuat sehingga menjadi bagian dari identitas yang individual, ini yang kemudian diistilahkan Lemert penyimpangan sekunder. Individu yang telah mendapatkan cap tersebut sulit melepaskan diri dari cap yang dimaksud dan cenderung untuk bertingkah laku sesuai dengan label yang diberikan (mengidentifikasi dirinya sebagai pelaku penyimpangan/penjahat).

2.2             Teori Asosiasi Diferensial

      Differential Association dikemukkan pertama kali oleh Edwin H Suterland pada tahun 1934 dalam bukunya Principle of Criminology. Sutherland dalam teori ini berpendapat bahwa perilaku kriminal merupakan perilaku yang dipelajari dalam lingkungan sosial. Artinya semua tingkah laku dapat dipelajari dengan berbagai cara. Karena itu, perbedaan tingkah laku yang conform dengan kriminal adalah bertolak ukur pada apa dan bagaimana sesuatu itu dipelajari.

            Teori ini dipengaruhi oleh tiga teori lain yaitu : ecological and culture transmission theory, symbolic interactionism, and culture conflict theory. Dari pengaruh-pengaruh tersebut dapat disimpulkan bahwa munculnya teori diferensiasi ini didasarkan pada :

a.       Setiap orang akan menerima dan mengakui pola-pola perilaku yang dapat dilaksanakan;
b.      Kegagalan untuk mengikuti pola tingkah laku dapat menimbulkan inkonsistensi dan ketidakharmonisan;
c.       Konflik budaya merupakan prinsip dasar dalam menjelaskan kejahatan.

            Teori asosiasi diferensial ini memiliki 2 versi. Versi pertama dikemukakan tahun 1939 lebih menekankan pada konflik budaya dan disorganisasi sosial serta asosiasi diferensial. Dalam versi pertama, Sutherland mendefinisikan asosiasi diferensial sebagai “the contents of pattern presented in association would differ from individual to individual” (isi atau konten yang disajikan dari sebuah asosiasi akan berbeda dari satu individu ke individu lain). Hal ini tidak berarti bahwa hanya kelompok pergaulan dengan penjahat akan menyebabkan seseorang berprilaku kriminal..
                                                                                                                                                          
            Yang terpenting adalah isi dari proses komunikasi dengan orang lain. Hal ini jelas menerangkan bahwa kejahatan atau perilaku jahat itu timbul karena komunikasi dengan orang lain yang jahat pula. Pada tahun 1947, Sutherland memaparkan versi kedua nya yang lebih menekankan pada semua tingkah laku dapat dipelajari dan mengganti istilah social disorganization dengan differential social organization. Teori ini menentang bahwa tidak ada tingkah laku jahat yang diturunkan dari kedua orangtuanya. Pola perilaku jahat tidak diwariskan tetapi dipelajari melalui suatu pergaulan yang akrab.

2.3             Teori Nilai dan Norma Sosial

1. Definisi Nilai Sosial

            Nilai sosial adalah ukuran- ukuran, patokan-patokan, anggapan-anggapan, keyakinan-keyakinan, yang hidup dan berkembang dalam masyarakat serta dianut oleh banyak orang dalam lingkungan masyarakat mengenai apa yang benar, pantas, luhur, dan baik untuk dilakukan. Nilai-nilai sosial merupakan aktualisasi dari kehendak masyarakat mengenai segala sesuatu yang dianggap benar dan baik. Pada intinya, adanya nilai sosial dalam masyarakat bersumber pada tiga hal yaitu dari Tuhan, masyarakat, dan individu.

2. Tolak Ukur

            Setiap masyarakat mempunyai nilai yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan setiap masyarakat mempunyai tolok ukur nilai yang berbeda-beda pula. Selain itu, perbedaan cara pandang masyarakat terhadap nilai mendorong munculnya perbedaan nilai. Suatu nilai dapat tetap dipertahankan apabila nilai tersebut mempunyai daya guna fungsional, artinya mempunyai kebermanfaatan bagi kehidupan masyarakat itu sendiri,

3. Jenis-Jenis Nilai Sosial

            Menurut Prof. Dr. Notonegoro, secara umum nilai dapat dibedakan kedalam tiga macam, yaitu nilai vital, material dan kerohanian. Nilai material yaitu segala sesuatu yang berguna bagi fisik manusia. Misalnya makanan dan minuman. Nilai vital artinya segala sesuatu yang berguna untuk mengadakan kegiatan atau aktivitas. Contohnya sabit yang digunakan petani dan pisau yang menjadi alat kerja seorang juru masak. Nilai kerohanian yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Berdasarkan sumbernya, nilai kerohanian dapat dibagi lagi menjadi empat jenis yaitu:
a. Nilai kebenaran, bersumber dari akal manusia (cipta);
b. Nilai keindahan atau estetika, bersumber dari unsur rasa manusia (estetika);
c. Nilai moral atau kebaikan, bersumber dari kehendak manusia (karsa);
d. Nilai religius, bersumber pada ke-Tuhanan.

                                                                                                                                    
4. Ciri-ciri Nilai Sosial

a) Tidak semua hal yang baik di mata masyarakat dapat dianggap sebagai nilai sosial.
b) Merupakan hasil interaksi antaranggota masyarakat.
c) Ditularkan di antara anggota-anggota masyarakat melalui pergaulan.
d) Terbentuk melalui proses belajar yang panjang melalui sosialisasi.
e) Nilai sebagai alat pemuas kebutuhan sosial.
f) Nilai berbeda-beda antara kebudayaan yang satu dengan yang lain.
g) Mempunyai efek yang berbeda terhadap individu.
h) Memengaruhi perkembangan pribadi dalam masyarakat baik positif maupun negatif.

5. Definisi Norma Sosial

            Manusia tidak pernah lepas dari peraturan. Di mana pun dan kapan pun di sekeliling kita terdapat aturan yang membatasi perilaku manusia. Norma Sosial adalah patokan perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Fungsinya adalah untuk memberi batasan berupa perintah atau larangan dalam berperilaku, memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan nilai yang berlaku di masyarakat dan menjaga solidaritas antaranggota masyarakat. Oleh karena fungsi-fungsi tersebut, maka sosialisasi norma memiliki peran yang penting dalam mewujudkan ketertiban sosial.
Berdasarkan daya pengikatnya, norma dibedakan menjadi empat.
a) Cara (usage) merupakan norma yang daya pengikatnya sangat lemah.
b) Kebiasaan (folkways) ialah aturan yang daya pengikatnya lebih kuat dari usage.
c) Tata kelakuan (mores) ialah aturan yang telah diterima masyarakat dan biasanya berhubungan dengan sistem kepercayaan atau keyakinan.
d) Adat istiadat (custom) merupakan aturan yang memiliki sanksi keras terhadap pelanggarnya, berupa penolakan atau pengadilan.

            6. Macam-macam Norma Sosial

a) Norma Agama
b) Norma Kesusilaan (Mores)
c) Norma Adat
d) Norma Kebiasaan
e) Norma Kesopanan
f) Norma Hukum
                                                                                                                                    
2.4  Teori Tabula Rasa  

      Teori Tabula rasa (dari bahasa Latin kertas kosong) merujuk pada pandangan epistemologi bahwa seorang manusia lahir tanpa isi mental bawaan, dengan kata lain "kosong", dan seluruh sumber pengetahuan diperoleh sedikit demi sedikit melalui pengalaman dan persepsi alat inderanya terhadap dunia di luar dirinya.

Umumnya para pendukung pandangan tabula rasa akan melihat bahwa pengalamanlah yang berpengaruh terhadap kepribadian, perilaku sosial dan emosional, serta kecerdasan.

   Gagasan mengenai teori ini banyak dipengaruhi oleh pendapat John Locke pada abad 17. Dalam filosofi Locke, tabula rasa adalah teori bahwa pikiran (manusia) ketika lahir berupa "kertas kosong" tanpa aturan untuk memroses data, dan data yang ditambahkan serta aturan untuk memrosesnya dibentuk hanya oleh pengalaman alat inderanya. Pendapat ini merupakan inti dari empirisme Lockean. Anggapan Locke, tabula rasa berarti bahwa pikiran individu "kosong" saat lahir, dan juga ditekankan tentang kebebasan individu untuk mengisi jiwanya sendiri. Setiap individu bebas mendefinisikan isi dari karakternya - namun identitas dasarnya sebagai umat manusia tidak bisa ditukar. Dari asumsi tentang jiwa yang bebas dan ditentukan sendiri serta dikombinasikan dengan kodrat manusia inilah lahir doktrin Lockean tentang apa yang disebut alami.

2.5 Teori Cermin Diri

            Teori Cermin Diri (The Looking Glass Self) ini dikemukakan oleh Charles H. Cooley. Teori ini merupakan gambaran bahwa seseorang hanya bisa berkembang dengan bantuan orang lain. Ada tiga langkah dalam proses pembentukan cermin diri.

1.                  Imajinasi tentang pandangan orang lain terhadap diri seseorang, seperti bagaimana pakaian atau tingkah lakunya di mata orang lain.

2.                  Imajinasi terhadap penilaian orang lain tentang apa yang terdapat pada diri masing-masing orang. Misalnya, pakaian yang dipakai.

3.                  Perasaan seseorang tentang penilaian-penilaian itu, seperti bangga, kecewa, gembira, atau rendah diri.
           
Tapi di teori ini terdapat kelemahannya,yaitu Pertama, pandangan Cooley dinilai lebih cocok untuk memahami kelompok tertentu saja di dalam masyarakat yang memang berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya. Kedua, teori ini dianggap terlalu sederhana. Cooley tidak menjelaskan tentang suatu kepribadian dewasa yang bisa menilai tingkah laku orang lain dan juga dirinya.


                                                                                                                   
BAB III
PEMBAHASAN


3.1 Proses Terjadinya Labelling

            Proses labelling bisa terjadi kapan saja, oleh siapa saja, dan dilingkungan masyarakat mana saja, jika si deviant dianggap oleh masyarakat sekitar telah memiliki perilaku yang menyimpang.
            Menurut Lemert, pada awalnya seseorang tidak lantas menjadi menyimpang karena label yang diberikan kepadanya. Ada proses penyimpangan lain yang mendahuluinya sebelum itu. Lemert mengidentifikasi penyimpangan dimulai dengan terjadi penyimpangan primer. Penyimpangan primer merupakan penyimpangan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang. Misalnya mencuri. Saat seseorang tertangkap mencuri, maka masyarakat mulai memberikan cap kepadanya sebagai "pencuri." Boleh jadi waktu pertama mencuri, dia melakukannya karena terpaksa dan tindakan itu sebetulnya bertentangan dengan hati nuraninya. Namun ketika masyarakat terus memberikannya label sebagai pencuri, maka dia mulai melakukan penyimpangan sekunder, yakni dia merasa bahwa "pencuri" merupakan jati dirinya yang sebenarnya. Sejak label diberikan, seseorang yang terpengaruh oleh proses labeling itu akan menganut gaya hidup menyimpang seperti yang diberikan oleh masyarakat kepadanya

3.2 Umur Yang Dapat Terpengaruh Oleh Proses Labelling

            Kapan yang dimaksud disini adalah pada umur berapa seseorang dapat terpengaruhi pikirannya oleh penjulukan yang dilakukan masyarakat.
            Pertama, biasanya anak dapat mengerti apa yang diataan orang lain ketika Ia berusia kira-kira 2-3 tahun, pada saat ini anak bisa saja mendapat penjulukan dari orang lain. misalnya, dia mempunyai seorang adik dan dia menjahilinya. Lalu, orang tuanya menyebut/melabelinya sebagai anak nakal. Maka, jika hal ini terus dibiasakan anakpun mudah mencap dirinya juga sebagai seorang anak yang nakal dan besarnyapun anak bisa saja menjadi anak yang nakal jika dia juga mendapat pelabelan yang sama dari masyarakaat.
            Kedua, pada masa remaja. Masa dimana seseorang mulai mencari jati diri yang sebenarnya. Jika seseorang terus mendapatkan pelabelan dari masyarakat, dia bisa saja tumbuh menjadi pribadi seperti apa yang dikatakan masyarakat. Karna prinsip dari pelabelan itu sendiri adalah semakin sering dan semakin banyak orang yang memberikan label kepadanya, orang atau kelompok tersebut akan menyerupai bahkan dapat menjelma menjadi label yang diberikan kepadanya.                                      
            Ketiga, orang dewasa. Bukan hal yang tidak mungkin sebuah batu akan terus bertahan dibawah derasnya air terjun, lama kelamaan pasti batu itu akan hancur. Begitu pula kepribadian orang sudah bisa dibilang matang apabila terus dilabeli oleh masyarakat.

3.3 Dampak Dari Labelling

            Dalam teori labeling ada satu pemikiran dasar, dimana pemikiran tersebut menyatakan “seseorang yang diberi label sebagai seseorang yang devian dan diperlakukan seperti orang yang devian akan menjadi devian”. Dalam buku Raising A Happy Child, banyak ahli yang setuju, bahwa bagaimana seseorang memandang dan merasakan dirinya sendiri akan menjadi dasar orang tersebut beradaptasi sepanjang hidupnya. Orang yang memandang dirinya baik akan mendekati orang lain dengan rasa percaya dan memandang dunia sebagai tempat yang aman, dan kebutuhan-kebutuhannya akan terpenuhi. Sementara orang yang merasa dirinya tidak berharga, tidak dicintai akan cenderung memilih jalan yang mudah, tidak berani mengambil resiko dan tetap saja tidak berprestasi.
            Bagi banyak orang (termasuk anak-anak) pengalaman mendapatkan label tertentu (terutama yang negatif) memicu pemikiran bahwa dirinya ditolak. Pemikiran bahwa dirinya ditolak dan kemudian dibarengi oleh penolakan yang sesungguhnya, dapat menghancurkan kemampuan berinteraksi, mengurangi rasa harga diri, dan berpengaruh negatif terhadap kinerja seseorang dalam kehidupan sosial dan kehidupan kerjanya. Penting bagi anak untuk merasa bahwa dirinya berharga dan dicintai. Perasaan ini diketemukan olehnya lewat respon orang-orang sekitarnya, terutama orang terdekat yaitu orang tua. Kalau respon orangtua positif tentunya tidak perlu dicemaskan akibatnya. Tetapi, adakalanya sebagai orangtua, tidak dapat menahan diri sehingga memberikan respon-respon negatif seputar perilaku anak. Walaupun sesungguhnya orangtua tidak bermaksud buruk dengan respon-responnya, namun tanpa disadari hal-hal yang dikatakan orangtua dan bagaimana orangtua bertindak, masuk dalam hati dan pikiran seorang anak dan berpengaruh dalam kehidupannya.
Adapun contoh labelling dan akibatnya. Antara lain :
1.        Labelling Di Sekolah-sekolah di Kota Tangerang
o   Siswa yang selalu dicap sebagai Perokok Aktif, Pemalas, Anak Nakal, dan lain sebagainya.
Dampaknya : Siswa akan menjadi semakin menjadi seperti apa yang lingkungan sosialnya katakan, mengguncang psikologis siswa, terblokirnya mental (Mental Block) siswa untuk berkembang, malas berangkat sekolah, terputus sekolah, menjadi kriminal, dan lain-lain
2.        Labelling di Keluarga
o   Anak yang dicap sebagai anak yang rajin, suka membantu orang tua, cerdas dan lain sebagainya.
Dampaknya : Si Anak akan terpengaruh untuk menjadi apa yang dikatakan oleh anggota keluarganya, Membuat anak menjadi semakin rajin, berprestasi di sekolah dan lain sebagainya.
3.        Labelling di Masyarakat Kota Tangerang
o   Seseorang dikatakan sebagai orang yang berakhlak buruk, memiliki penyimpangan seksual dan lain-lain.
Dampaknya : Mematikan semangat hidup seseorang, menjadi kriminal, menyebabkan seseorang untuk bunuh diri, minder, takut bertemu dengan orang-orang, dan lain sebagainya.

3.4 Cara Mengatasi Labelling

Cara mengatasinya yaitu :
B   1.      Pemberi label berespon secara spesifik terhadap perilaku anak, dan bukan kepribadiannya. Kalau anak bertindak sesuatu yang tidak berkenan di hati, jangan berespon dengan memberikan la­bel, karena melabel berarti menunjuk pada kepribadian anak, seperti sesuatu yang terberi dan tidak bisa lagi diperbaiki.
2.      Datang ke psikolog untuk melaksanakan terapi
3.      Memperkuat kepribadian dan kepercayaan diri
4.      Selalu berpikir positif dan belajar memahami diri sendiri
5.      Mendekatkan diri kepada Tuhan Y.M.E.
6.      Bergaul dengan orang-orang yang baik jika ingin dicap baik
7.      Membaca buku motivasi jika sudah terlanjur terlabel

3.5  Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Prilaku Menyimpang

1.      Sikap mental yang tidak sehat
            suatu sikap tidak merasa bersalah/ menyesal atas perbuatannya yang menurut masyarakat dianggap menyimpang. Contoh : profesi pelacur, maklar kasus, renternir, dll.
2.      Ketidakharmonisan dalam rumah tangga
            disharmonisasi dalam keluarga seperti Broken Home, salah satu anggota keluarga ada yang meninggal, dll.
3.      Pelampiasan rasa kecewa
            kegagalan terhadap suatu yang diinginkan dapat menyebabkan perilaku menyimpang sebagai bentuk pelarian masalah. Contoh : narkoba, bunuh diri
4.      Dorongan kebutuhan ekonomi
            kemiskinan dan ketidakpuasan terhadap apa yang dimiliki mendorong orang untuk menyimpang seperti mencuri, merampok, atau melacurkan diri.
5.      Pengaruh lingkungan dan media massa
            Teman sepermainan, pergaulan, media cetak dan elektronik mempengaruhi perilaku dan tindakan individu.
6.      Keinginan untuk dipuji
            Gaya hidup glamor, sok kaya, sok modern menyebabkan orang cenderung menyimpang seperti korupsi, merampok, dan menjual diri.

7.      Proses belajar menyimpang
            Interaksi dengan orang lainyang menyimpang akan mempengaruhi pikiran dan kepribadin untuk cenderung menyimpang seperti penggunaan obat, genk motor, dan merokok.
8.      Ketidaksanggupan menyerap nilai dan norma
            Ketidaksanggupan menyerap norma ke dalam kepribadian seseorang disebabkan menjalani proses sosialisasi yang salah/ tidak sempurna sehingga tidak sanggup menjalankan peran yang dikehendaki masyarakat.
9.      Adanya ikatan sosial yang berlainan
            Identifikasi diri dengan kelompok mempengaruhi kepribadian. Jika kelompok yang digauli menyimpang kecenderungan menyimpang lebih besar
10.  Proses sosialisasi sub kebudayaan menyimpang
            Suatu kebudayaan khusus yang normanya bertentangan dengan norma budaya yang dominan. Perilaku individu dipengaruhi oleh nilai sub kebudayaan masyarakat seperti tempat tinggal dilingkungan kumuh, dekat dengan kompleks pelacuran
11.  Kegagalan dalam proses sosialisasi
            Keluarga inti maupun keluarga luas bertanggung jawab terhadap penanaman nilai dan norma pada anak. Kegagalan proses pendidikan dalam keluarga menyebabkan terjadinya penyimpangan.


BAB 4
PENUTUP


4.1  Kesimpulan

            Labelling tidak selamanya berdampak buruk, apabila pemberi label jelas/ memberi rincian apa kesalahan si devian dan tidak selalu melabeli devian. Hal ini akan memberikan kesempatan korban untuk mengatasi kesalahannya. Dan pelabelan juga tidak selalu mengenai hal negatif ada juga pelabelan yang positif, misalnya pelabelan “percaya diri” maka dia akan tersugesti untuk menjadi seseorang yang percaya diri.

4.2 Saran

            Dengan adanya proposal ini kami sebagai penulis berharap agar dapat menjaga proposal ini dengan baik, agar dapat selalu digunakan oleh yang lainnya. Dan kami harap para pembaca semua dapat melabeli orang dengan tepat jika memang orang itu harus dilabeli dan memang untuk kebaikannya juga.
          


DAFTAR PUSTAKA


6.     Buku Cetak Sosiologi Kelas X Kurikulum 2013








Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL USUL NAMA BATU CEPER

Ranking 40an dikelas, Bisa Lolos SNMPTN Universitas Brawijaya!