Ranking 40an dikelas, Bisa Lolos SNMPTN Universitas Brawijaya!

Assalamualaikum, apa kabar kalian semua? semoga sehat dan selalu dalam lindungan-Nya ya :)

Sebelumnya, terimakasih jika kalian mau membaca ini sampai selesai.
Perkenalkan gua Azriel, dari SMAN 2 Kota Tangerang dan Alhamdulillah di SNMPTN 2019 kemarin gua lolos di Prodi Ekonomi Islam, Universitas Brawijaya :')
Target pembaca thread ini jelas buat kalian yang lagi kelas 10, 11, dan terutama kelas 12. Semoga dengan adanya cerita gua ini bisa membantu kalian lebih mengenal SNMPTN, dan dapat menyampaikan beberapa trik dalam SNMPTN (jelas semua ini atas izin Allah Subhanahu Wa ta'ala).


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN merupakan salah satu jalur untuk masuk perguruan tinggi selain SBMPTN dan Ujian Mandiri. Berdasarkan pengalaman gua, untuk dapat mengikuti SNMPTN ini awalnya sekolah harus mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada tahap ini sekolah akan menginput data-data rapor siswa dari semester 1 sampai 5, dan nantinya siswa akan diberikan username dan password untuk login, yang selanjutnya siswa harus melakukan verifikasi apakah data di PDSS dan rapor sudah sesuai atau belum, apabila terdapat kesalahan siswa bisa langsung menghubungi pihak sekolah. Nah, setelah pengisian PDSS ini nanti akan diumumkan siapa saja yang lolos untuk mendapatkan kuota mendaftar SNMPTN (belum lolos SNMPTN). Kuota ini tergantung dari akreditasi sekolah masing-masing dan seleksinya itu dilihat dari 6 Mata pelajaran yang bisa dilihat dibawah
sumber : http://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267
Jujur aja dari tahap ini gua udah pesimis buat lolos, soalnya waktu itu gua percaya sama rumor kalau kuotanya itu tergantung dari ranking paralel terakhir, dan faktanya disemester 5 justru nilai terparah gua selama masa SMA haha, gua ada diranking paralel 115 dari 140 siswa jurusan IPS disekolah. tapi, waktu itu pas konsultasi ke BK, kalau LTMPT (Panitia penyelenggara) melihat dari 6 mata pelajaran yang ada diphoto diatas. kata guru BK "Berdoa saja, minta yang terbaik, karena masih ada harapan" dan gua yakin. lalu, akhirnya pada hari pengumuman hasil pemeringkatan kuota, awalnya web error karena rata-rata pada lolos pemeringkatan, cukup sabar kami kelas 12 untuk menghadapi ini hehehe. dan akhirnya, Ltmpt menyatakan web sudah tidak error lagi, disini gua ga langsung login, tapi pagi-pagi supaya lancar jaya aksesnya. dan alhamdulillah ijo wkwk (lolos -kalau engga warna merah) dan selanjutnya siswa yang lolos pemeringkatan dikumpulin di BK buat dicek apa ada yang sama jurusannya -ini buat memperbesar peluang aja sih, faktanya tetep ada temen gua yang daftar di Jurusan dan PTN yang sama dan dua-duanya lolos.

Awalnya dengan rata-rata 6 mata pelajaran 82,53 dengan percaya dirinya gua milih Ekonomi Pembangunan UB, cuma waktu itu ternyata ada yang sama pilihannya dengan gua, akhirnya karna nilai gua lebih kecil dari temen gua, gua lebih memilih mundur buat memperbesar peluang gua, tapi disini gua bingung dimana lagi yang harus gua pilih, karena gua itu salah satu orang yang milih berdasarkan PTN juga, disini PTN yang gua maksud yaitu yang punya lingkungan enak dan mendukung buat kehidupan kuliah gua nanti. dihari itu juga gua langsung konsultasi ke BK, baiknya gimana, disitu gua sebenernya udah punya pilihan antara Ekbang UNS atau nekat IE UI hahaha, waktu itu gua milih UNS karena emang ga ada yang milih Ekbang UNS jadi gua pikir setidaknya ada peluang yang lebih besar. setelah konsul, karena pilihan cukup sulit antara milih berdasarkan peluang atau nekat di UI, ya akhirnya gua istikharah dulu dan selang beberapa hari insha Allah gua yakin kalau gua pilihnya Ekbang UNS. Cuma, alhamdulillah Allah kasih pencerahan lain, gua kepikiran buat cek-cek tingkat keketatan tiap jurusan di web SNMPTN, dan karena melihat akun instagram yang suka bantu rasionalisasi pilihan salah satu variablenya yaitu jumlah orang yang keterima dari provinsi gua berapa, gua yakin juga sama variable ini selain nilai. dan pas gua cek ternyata yang dapet Ekbang UNS dari Banten selama 4 tahun terakhir yaitu nihil atau tidak ada sama sekali yang pernah ke terima disana. akhirnya gua gajadi ambil di UNS, disitu gua coba buat istikharah lagi, dan waktu itu gua lagi scrolling PTN di UB dan mata gua tertuju pada "EKONOMI ISLAM" wkwk, ya sebenernya karna minat gua sama Ekonomi, jadi jurusan apapun yang penting mostly belajar Ekonomi gua bisa terima hehe. ya sudah akhirnya disitu gua daftar SNMPTN pilihan pertama Ilmu Ekonomi Islam UB, dan yang kedua IESP UNILA. dan pada hari pengumuman, yang awalnya jam 3 sore pas gua ke bangun jam 1 pagi gua scrolling instagram dan melihat akun masukkampus yang katanya pengumuman sudah bisa diakses, asli deg-degan abis. sebelum gua cek, gua coba sholat dulu supaya lebih siap mentalnya wkwk. Akhirnya gua coba akses, waktu itu sebenernya udah terharu karena dapet ijo lagi wkwk, cuma masih ganjel tentang yang sudah-sudah, takutnya kena prank lagi kaya waktu PDSS. dan memang dari pihak LTMPT bilang kalau datanya belum valid dan pengumuman yang tadinya jam 3 sore dimajuin jadi jam 1 tepat setelah selesai sholat jum'at. Setelah gua check n recheck, Alhamdulillah lagi ternyata tampilannya tetep ijo :' dan dinyatakan lolos di Ilmu Ekonomi Islam UB.


Mungkin itu aja pengalaman yang bisa gua share, terima kasih udah mau membaca cerita gua, semoga bisa bermanfaat untuk kalian terutama kelas 12 dan juga mohon maaf kalau dalam cerita-cerita gua ada salah-salah kata, kesalahan itu pribadi dari diri gua sendiri yang bisa kalian kritik atau saran secara pribadi melalui Line atau Instagram : Azrielalfajr. sekali lagi terimakasih dan fighting!!, you had a role as long as you breathe!

Wassalamualaikum ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL USUL NAMA BATU CEPER

DAMPAK LABELLING